Dortmund Datangkan Yarmolenko sebagai Pengganti Dembele

Infopialadunia – Dortmund Datangkan Yarmolenko sebagai Pengganti Dembele. Usai mendapat mahar 105 juta euro dari transfer Ousmane Dembele ke Barcelona, Borussia Dortmund langsung bergerak cepat di bursa transfer. Uang tersebut langsung digunakan untuk mendatangkan pengganti Dembele. Pemain yang diboyong itu adalah Andrey Yarmolenko.

 

Yarmolenko didatangkan dari Dynamo Kiev dengan banderol yang dikabarkan mencapai angka 25 juta euro, cuma seperempat dari uang hasil penjualan Dembele. Pemain asal Ukraina itu dikontrak Dortmund selama empat tahun atau hingga 30 Juni 2021 mendatang.

 

Transfer ini sendiri bukanlah transfer yang buruk bagi kedua belah pihak. Bagi Dortmund, mendatangkan pemain berusia 27 tahun itu jelas bukan keputusan buruk. Yarmolenko adalah pemain penuh pengalaman dengan statistik yang baik. Untuk seorang winger, sepanjang karier bersama Kyiv, Yarmolenko berhasil mencatatkan 341 penampilan dan mencetak 137 gol.

 

Di musim 2016/17 lalu, dia berhasil mencatatkan 36 penampilan dan mencetak 19 gol di mana 15 gol di antaranya dia cetak di Ukrainian Premier League –kompetisi level teratas Ukraina. Di awal musim ini, dia juga telah mencetak 3 gol dari lima penampilan di kompetisi yang sama.

 

Sebagai pemain yang punya kecepatan, teknik individu yang apik, serta determinasi tinggi, Yarmolenko adalah sosok yang tepat bagi Dortmund. Setidaknya untuk menggantikan Dembele di waktu pada musim ini. Pengalamannya juga tak perlu diragukan, bersama Kyiv dan Tim Nasional Ukraina dia sudah pernah mencicipi berbagai kompetisi internasional.

 

“Andrey adalah pemain yang telah lama kami pantau dan dia berada di level teratas, baik di level klub maupun bersama Timnas Ukraina,” ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, dilansir situs resmi klub.

 

Bagi Yarmolenko sendiri, kepindahannya ke Dortmund bisa menjadi langkah untuk menapak karier yang lebih tinggi lagi. Karena di usia 27 tahun, akan sangat disayangkan kalau kariernya hanya dihabisakan di Ukraina saja. Padahal dengan kemampuan dan kebintangan yang dia miliki, dia memang patut bermain di klub yang lebih besar.

 

“Saya sangat bersyukur bahwa Dynamo Kyiv telah memenuhi impian saya untuk bisa pindah ke klub Eropa yang lebih besar. Saya akan bekerja keras dalam setiap latihan untuk membantu Dortmund mencapai target tertinggi –itulah yang akan selalu saya lakukan,” kata Yarmolenko.

 

Dortmund berharap kedatangan Yarmolenko akan menutup lubang yang ditinggalkan Dembele. Dembele resmi bergabung dengan Barcelona pada Senin (28/8/2017) dengan nilai transfer 105 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *