Presiden Federasi Sepakbola Spanyol Ditangkap Karena Korupsi

Infopialadunia – Presiden Federasi Sepakbola Spanyol Ditangkap Karena Korupsi. Dunia sepakbola kembali tercoreng setelah Presiden sepakbola Spanyol (RFEF) Angel Maria Villar, ditangkap pada selasa (18/7/2017). Penangkapan itu terkait kasus dugaan korupsi.

 

Presiden RFEF Angel Maria Villar di tahan Bersama dengan putranya dan juga dengan beberapa petinggi federasi seperti, Gorka, dan Santiago Pedaz pada hari Selasa pagi waktu setempat oleh Tim Operasi Antikorupsi Spanyol. Demikian menurut laporan di Spanyol, seperti dikutip oleh Soccerway. Pria yang kini berusia 67 tahun itu ditahan oleh Guardia Civil menyusul telah ada nya surat perintah yang telah dikeluarkan oleh pengadilan tinggi Spanyol.

 

Dilaporkan juga bahwa Villar bersama dengan koleganya ditangkap dengan tuduhan dugaan pemalsuan dokumen, korupsi dan penyalahangunaan jabatan. Penangkapan tersebut dilaporkan langsung dipimpin hakim investigasi dan jaksa anti-korupsi. Villar, yang baru terpilih kembali menjadi presiden RFEF, diduga juga menggunakan dana organisasi untuk meminta bantuan selama kampanye.

 

Penangkapan Villar tersebut terjadi hanya dua hari jelang Kongres RFEF untuk menetapkan dan mengumumkan jadwal La Liga Spanyol. Pihak tim antikorupsi yang menangkap Villar juga terus mengumpulkan bukti-bukti kuat korupsi sang Presiden RFEF tersebut.

 

Villar kemungkinan bakal didakwa dengan pasal berlapis, di antaranya korupsi, penipuan anggaran, penyalahgunaan pengelolaan dan aset RFEF. Sejumlah perusahaan yang diduga terkait dengan korupsi Villar juga masih dalam penyelidikan tim antikorupsi Spanyol. Vilar sendiri sudah memegang jabatan presiden RFEF sejak 1988. Pada Mei lalu, pria berusia 67 tahun itu terpilih untuk kedelapan kalinya sebagai Presiden setelah rivalnya, Jorge Perez kalah dalam pemilihan.

 

Mantan pesepakbola Spanyol itu juga menjadi bagian dari dewan FIFA dalam 29 tahun terakhir, walaupun sempat dapat peringatan karena dinilai menyalahi aturan saat dilakukan penyelidikan dalam proses bidding Piala Dunia 2018 dan 2022. Dan dibawah kepimpinannya pria yang berusia 67 tahun tersebut, sepakbola Spanyol berkembang maju pesat dengan berhasil menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *