UEFA Akan Menyelidiki Transfer Neymar ke PSG

Infopialadunia – UEFA Akan Menyelidiki Transfer Neymar ke PSG. Protes yang telah dilakukan pihak La Liga, mengenai isu transfer Neymar ke Paris Saint-Germain akhirnya mendapatkan tanggapan juga dari pihak UEFA. UEFA pun menyatakan bahwa pihak mereka akan siap melakukan penyelidikan penuh terhadap transfer Neymar dan akan memberikan sanksi jika nantinya memang terjadi pelanggaran terhadap transfer tersebut.

 

Sebelumnya pihak La Liga telah melontarkan kritik keras terhadap pihak klub PSG yang bersedia untuk menbayar klausul pelepasan Neymar yang mencapai 222 juta Euro (sekitar Rp 3,4 triliun). Menurut Presiden La Liga Javier Tebas, PSG akan melanggar beberapa hal jika bersedia menboyong Neymar dengan nilai tersebut.

 

Salah satunya adalah pelanggaran mengenai Financial Fair Play (FFP). Untuk itu, Tebas akan mengajukan komplain kepada UEFA jika PSG memboyong Neymar. Transfer tersebut memang telah mengundang banyak tanda tanya banyak pihak. Terutama mengingat UEFA sudah memiliki aturan Financial Fair Play yang telah membatasi pengeluaran setiap klub per tahunnya. Walaupun demikian, badan tertinggi sepakbola Eropa (UEFA) tersebut tidak ingin bertindak secara gegabah, pihak mereka ingin mengamati dulu situasi yang ada, sebelum nanti mengambil tindakan.

 

“Pihak kami masih dalam proses mengamati situasi tersebut, dan masih menunggu komplain resmi dari pihak La Liga sebelum nanti akan mengambil tindakan (transfer Neymar) tersebut. Semua klub di Eropa harus menghormati Financial Fair Play dan harus menunjukkan mereka tidak memiliki kerugian lebih dari 30 juta euro selama tiga tahun. Sebagai bagian dari pemantaun klub dibawah FFP, UEFA akan menyelidiki rincian transfer ini pada waktunya untuk memastikan PSG mematuhi persyaratan FFP.” Tulis pernyataan UEFA dalam situs resmi.

 

“Transfer Neymar menuju ke PSG akan berpengaruh pada keuangan klub selama beberapa tahun. Namun, dampak dari operasi semacam hal ini tidak dapat dinilai lebih dulu karena belum ada bukti nyata dan masih dalam tahap mengamati saja. Terutama karena PSG juga berpotensi mungkin saja menjual beberapa pemain dengan jumlah yang cukup besar dan oleh karena itu, kami hanya akan melakukan perhitungan dan memastikan mereka menghormati peraturan yang telah kami buat.” lanjut dari pernyataan UEFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *