Yayasan Amal Messi Dituduh Melakukan Penggelapan Pajak

Infopialadunia – Yayasan Amal Messi Dituduh Melakukan Penggelapan Pajak. Situasi finansial Lionel Messi semakin hari semakin rumit saja. Bukan karena Messi kehabisan uang, namun La Pulga julukan dari Leo Messi kembali mendapatkan tuduhan penggelapan dana.

 

Lionel Messi yang memiliki yayasan amal bernama The Leo Messi Foundation yang bergerak di bidang proyek sosial bagi anak-anak di seluruh dunia. Dalam melaksanakan kegiatannya, yayasan tersebut diklaim sebagai bentuk terselubung menyembunyikan penghasilan pemain 30 tahun tersebut.

 

Sebelumnya Lionel Messi telah menerima vonis dengan hukuman penjara akibat mengemplang pajak, kini Messi kembali menerima tuduhan telah melakukan penggelapan. Dan parahnya kali ini Lionel Messi dituduh telah melakukan penggelapan uang yang telah terkumpul di yayasan amal yang dimiliki oleh pemain asal Argentina itu.

 

Menurut sumber dari koran ABC, bahwa The Lionel Messi Foundation telah menciptakan jaringan finansial yang rumit. Tujuannya adalah untuk menyembunnyikan pendapatan dari sponsor yang berniat menbantu yayasan amal tersebut. Laporan dari sumber tersebut juga menyebutkan pemasukan Organisasi Non Pemerintah (NGO) baik di Rosario (Argentina) dan Barcelona (Spanyol) sebesar 10 juta Euro yang sengaja disembunyikan untuk menghindari pajak.

 

Dikatakan dana yang harusnya disalurkan kepada yang membutuhkan itu kemudian disembunyikan tanpa dilaporkan kepada pihak berwenang, alhasil tidak diketahui apakah dana itu benar-benar dipakai untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung atau tidak.

 

Selama periode 2007 hingga 2015, The Leo Messi Foundation disinyalir telah menyembunyikan sebagian besar dana mereka. Diperkirakan puluhan juta Euro tidak dilaporkan kepda pihak berwenang baik di Spanyol maupun di Argentina dan menurut ABC yayasan itu dipakai sebagai payung pelindung bisnis keluarga Messi.

 

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Lionel Messi dan Jaksa Spanyol terkait hukuman apa yang akan dijatuhkan untuk yayasan amal tersebut. Belum jelas apakah situasi ini akan menarik perhatian petugas pajak di Spanyol lagi. Pasalnya, jika Lionel Messi terbukti bersalah menggelapkan uang, maka ia harus menjalani hukuman penjara setidaknya 21 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *